Thursday, February 18, 2016

TAMAN DI KOTA KLATEN

TAMAN KOTA KLATEN
Klaten merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah , yang merupakan pusat pemerintahan bagi kabupaten Klaten. Kabupaten Klaten sendiri memiliki luas 33,72 km persegi, dimana terbagi dalam 3 kecamatan. Kota Klaten terletak di sebelah tenggara dari Gunung Merapi yang merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang di Jawa Tengah.
Pemerintah daerah Klaten membangun taman kota yang terletak di Jalan Pemuda, tepat berada disamping alun-alun kota Klaten. Taman kota ini selain asri dan nyaman, juga memiliki tempat arena bermain untuk anak-anak dan tentu saja juga tempat untuk pedagang makanan, minuman dan mainan. Didalam taman kota Klaten, pemerintah daerah Kalten juga membangun patung-patung binatang dan buah-buahan yang sangat di gemari anak-anak untuk bermain

 TAMAN LAMPION
Taman yang dibangun pada 2014 dengan anggaran sekitar Rp5 miliar tersebut belakangan menjadi tempat rekreasi baru bagi warga Klaten. Keberadaan air mancur, taman bermain, serta bangunan yang ada di sisi timur taman membuat lokasi tersebut kerap dimanfaatkan warga sekadar bersantai.
“Baru sekali ini datang ke taman. Taman cukup bagus, tetapi masih gersang dan kondisi taman kurang peneduh,” jelas salah satu pengunjung asal Ngingas, Klaten Utara, Pita, 23, saat ditemui di sekitar taman.
Sementara itu, Taman Lampion yang mulai kebanjiran pengunjung itu dimanfaatkan warga sekitar berjualan di sekitar taman atau menyediakan jasa penitipan sepeda motor.
“Kalau ramainya tidak pasti. Tetapi, biasanya sore kalau tidak hujan itu banyak dikunjungi warga. Saya sudah berjualan di depan taman sekitar satu pekan ini. Rata-rata pedagang memang belum lama berjualan di sini. Kalau bisa diberi tempat khusus untuk pedagang,” jelas salah satu pedagang, Ny. Tonik, 55.

TAMAN HUTAN GERGUNUNG

 Klaten – Ribuan tanaman buah dan bunga ditanam diseputar hutan kota kalurahan Gergunung kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten, Jum’at (20/11). Penanaman Ribuan tanaman berasal dari partisipasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD), para camat, kepala Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) dan kepala sekolah dilingkungan Pemkab setempat itu, sebagai bentuk partisipasi kepedulian terhadap lingkungan utamanya hutan kota.
Kepala Bagian Humas Setda Klaten, H Wahyudi Martana mengemukakan, ribuan tanaman buah ( mangga, rambutan, blimbing dan lain-lain  serta bunga bougenvile ) dikumpulkan dari SKPD, Kepala Sekolah dan lain-lain, khusus ditanam di hutan kota Gergunung. Pengumpulan tanaman tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat bupati Klaten kepada para kepala SKPD agar berpartisipasi dan peduli lingkungan di hutan kota Gergunung.
Lebih lanjut Wahyudi mengemukakan, berdasarkan pantauan yang dilakukan terdapat sejumlah SKPD yang mengumpulkan tanaman lebih dari yang diinginkan. Salah bagian dilingkungan Setda bahkan ada yang menyetor lima tanaman buah dan lima tanaman bunga, sehingga keseluruhan jumlah tanam terkumpul mencapai ribuan.
Menurut Wahyudi, penanaman dilakukan bertepatan dengan datangnya musim penghujan ini diharapkan tanaman dapat tumbuh subur dan  hutan kota segera nampak sebagaimana yang diharapkan. Sehingga tanaman yang diharapkan menjadi paru-paru kota tersebut segera berfungsi sebagaimana yang diharapkan.
Bupati Klaten H Sunarno dan sejumlah pejabat teras Pemkab Klaten melakukan penanaman pohon buah-buahan dan tanaman di hutan kota Gergunung kecamatan Klaten Utara.
TAMAN STADION

Taman Stadion Trikoyo Klaten adalah taman yang dibangun oleh pemerintah Klaten guna memperindah kota Klaten. taman ini sering digunakan untuk tempat tongkrongan, ketemuan, tempat istirahat saat perjalanan, selfie dan lain sebagainya.
Taman ini terletak di sebelah utara Stadion Trikoyo Klaten sehubungan dengan letaknya yang bersebelahan dengan rumah makan Star Steak taman ini menjadi sering dikunjungi orang. akan tetapi yang membuat taman ini jadi tidak nyaman untuk dikunjungi yaitu letak tempat sampah yang berada di timur taman ini yang membuat bau tidak enak.


 TAMAN KAMBOJA

Taman Kamboja yang terletak di desa Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten bukan merupakan tempat wisata daerah melainkan milik perorangan yang membudidayakan pohon kamboja, itu yang saya dengar. Dulu letaknya di sebelah PDAM klaten sekarang pindah di depan PDAM, tidak jauh dari taman kamboja ini terdapat hutan/taman gayamprit.
Yah,walaupun bukan milik pemerintah tapi untuk masuk gratis guys, karena tidak ada tulisan bayar berapa ribu maupun penjaga yang menarik biaya masuk. Tempatnya lumayan bagus untuk selfi atau foto-foto, tidak ada salahnya bagi warga klaten atau dari luar klaten saat berkunjung ke klaten menyempatkan diri mengunjungi taman kamboja ini.
 Tempatnya sangat instagramable bagi yang suka berfoto dan di share di medsos. 
Cukup sekian ya mungkin postingan saya dapat membantu kita semua hehe:))

#instagramable #foto-foto #KotaKlaten #Klatenbersinar #Klatensejahtera #Klatenaman #Klatennyaman #Klatenindah #tamankota #tamanindah #tamanbagus #foto-fototaman #makanan #indahnya #kotakelahiran #kotatempatjodohku #kotasejutakeindahan #tamanKlaten #cukup #sekian #dan #terimakasih

No comments:

Post a Comment